Blog Motivasi | Pengembangan Diri | Kiat - Kiat Sukses | Manajemen Diri | Refleksi Hidup | Inspirasi Sukses | Motivasi Hidup

Ada 4 Jenis Sekolah Bisnis, Mana yang Akan Anda Ikuti?



Ada yang pernah tahu sekolah bisnis? Kalau sekolah akademik pasti anda tahu kan? Ada playgroup, TK, SD, SMA, SMK, S-1, S-2 dan seterusnya.

Dulu saya tidak tahu seperti apakah sekolah bisnis tersebut. Waktu itu yang saya hanya berpikiran untuk mencari peluang bisnis saja. Sampai suatu ketika saya membaca buku karya Robert T Kiyosaki, akhirnya saya mengetahui ada 4 jenis sekolah bisnis menurutnya. Dan beruntungnya, Kiyosaki sempat mengikuti keempat jenis sekolah bisnis tersebut.1. Sekolah Bisnis Tradisional.
Sekolah ini berlokasi di perguruan tinggi negeri dan atau universitas swasta berakreditasi. Keduanya menawarkan gelar MBA. Para pengajar atau instrukturnya biasanya adalah karyawan sekolah bisnis tersebut atau karyawan perusahaan yang berpengalaman.

Siswanya sebagian besar berusaha menjadi karyawan yang berpendidikan tinggi dan bergaji tinggi, seperti halnya para pengajar atau instrukur mereka. Mereka berusaha mendaki tangga perusahaan untuk mencapai jabatan penting di perusahaan dimana mereka bekerja.

2. Sekolah Bisnis Keluarga.
Banyak bisnis keluarga yang bisa anda jadikan tempat yang bagus untuk mendapatkan pendidikan bisnis. Contoh bisnis keluarga adalah Bakrie Group atau yang semisalnya. Hanya saja, biasanya seseorang yang "diterima" di sekolah tersebut adalah keluarga mereka.

Tapi kalau anda dekat dengan salah satu dari keluarga mereka, anda bisa belajar banyak dari mereka. Sekolah tersebut adalah sekolah yang bagus. Apalagi jika pemilik perusahaan keluarga tersebut bukan hanya entrepreneur yang hebat, tapi juga guru yang baik.

Anda tidak perlu mencari bisnis sebesar Bakrie Group. Banyak bisnis skala kecil dan menengah yang telah sukses yang bisa anda ikuti. Tinggal mencocokannya dengan tipe bisnis yang cocok bagi anda. Kalau anda belum tahu tipe bisnis apa yang cocok bagi anda, bacalah artikel saya mengenai jenis-jenis bisnis yang cocok bagi anda.

3. Sekolah Bisnis Perusahaan.
Sebagian besar bisnis atau perusahaan menawarkan program internal bagi "siswa muda" yang menjanjikan. Setelah lulus, perusahaan tersebut akan menuntun kemajuan karier mereka. Biasanya perusahaan tersebut membayar biaya pendidikan siswanya, bahkan memberikan waktu untuk meneruskan pendidikan mereka.

Setelah menerima pendidikan formal, karyawan yang menjanjikan tersebut seringkali di rotasi ke divisi berbeda perusahaan itu sehingga mereka bisa melihat keseluruhan bisnis dan mendapatkan pengalaman langsung. Sebagai gambaran, ada sebuah perusahaan, sebut saja "Perusahaan X" yang mempunyai fasilitas pendidikan penjualan.

Anda akan dilatih dengan metode khusus mereka. Setelah itu, mereka akan menuntun anda untuk mepraktekan apa yang telah anda pelajari di ruang kelas. Mentor anda bisa membuat anda tetap berada sesuai dengan teori yang anda dapat di ruang kelas hingga anda mampu menerapkan pada tantangan bisnis di dunia nyata.

Banyak yang bisa anda dapat dari sekolah jenis ini. Tidak hanya ketrampilan menjual yang bisa anda dapat, tapi juga menganalisis strategi pesaing, membuat materi iklan yang efektif dan sebagainya.

4. Sekolah Bisnis di Jalanan.
Sekolah jenis ini menurut Kiyosaki adalah sekolah yang diikuti entrepreneur saat ia meninggalkan "rasa aman" yang ada di sekolah bisnis tradisional, sekolah bisnis keluarga atau sekolah bisnis perusahaan. Ini adalah sekolah tempat "kecerdasan jalanan anda" dibangun, yaitu anda memulai sendiri membangun "kerajaan bisnis" anda sendiri.

Sekolah bisnis di jalanan adalah sekolah bisnis yang buruk, guru yang kasar, dan pelit dalam nilai. Anda seringkali harus berhadapan dengan ketakutan terbesar yang didalamnya terdapat keraguan dalam diri anda. Seringkali anda harus menempuh resiko-resiko bisnis yang sebenarnya daripada hanya teori diatas kertas.

Bahkan jika anda pernah mengikuti sekolah bisnis perusahaan dan terjun langsung di lapangan, kerugian akibat kesalahan dan kegagalan anda ditanggung oleh perusahaan. Paling banter anda tidak mendapatkan komisi. Skenario terburuknya adalah anda dipecat. Di sekolah bisnis jalanan, andalah yang harus menanggung sendiri kerugian akibat kesalahan dan kegagalan anda.

Namun, sekolah jenis ini adalah sekolah bisnis terbaik bagi anda, setidaknya begitulah kata Kiyosaki. Anda tidak akan mendapatkan nilai A dan B, pujian atau komisi yang besar. "Nilai anda" di jalanan diukur dengan uang yang anda dapat dan uang yang anda keluarkan.

Kebanyakan pengusaha atau entrepreneur yang berhasil adalah orang yang mengikuti sekolah jenis ini, terjun langsung membangun sebuah bisnis.

Saya hanya pernah dan masih bersekolah di "sekolah bisnis jalanan" ini. Dan saya mempunyai seorang teman yang mengikuti sekolah bisnis tradisional, jenjang S-2. Saat kami sedang berdiskusi, banyak sekali pendidikan bisnis yang saya dapat dari dia.

Bahkan sampai ke beberapa teori dan perhitungan bisnis yang teramat rumit yang kadangkala bertentangan dengan apa yang saya dapat di sekolah bisnis jalanan. Memang tidak semua, beberapa diantaranya sangat bagus sebagai masukan bagi saya.

Sayangnya, saat ini teman saya memutuskan untuk bekerja membangun bisnis orang lain daripada membangun bisnisnya sendiri. Itulah mengapa saya setuju dengan pendapat Kiyosaki bahwa sekolah bisnis di jalanan adalah sekolah sekaligus guru yang terbaik.

Anda akan langsung berhadapan dengan "pendidikan bisnis jalanan" yang bengis, kejam dan tak pandang bulu. Seiring dengan waktu, di sekolah bisnis jalanan pengetahuan, keberanian dan mental pengusaha anda akan terbentuk. Jadi, bagi anda yang ingin sekolah bisnis, anda bisa memilih satu atau lebih dari sekolah bisnis diatas.

Kalau saya sendiri, saya lebih suka sekolah bisnis jenis yang keempat, sekolah bisnis jalanan. Karena bagi saya, hanya sekolah itu yang bisa saya pilih dan saya ikuti. Sekolah bisnis terbaik yang pernah saya dapatkan. Ingat, ini bagi saya lho, mungkin anda berbeda. Kalau anda sendiri, pilih yang mana?

Sumber: Anonymous
19 Komentar untuk "Ada 4 Jenis Sekolah Bisnis, Mana yang Akan Anda Ikuti?"

Saya baru alami yang terakhir mas, kekurangannya hanya pada sistematis aja, jadi agak lama untuk dapatkan hasil

wah beneran tuh mas dafid ^^ bagian terakhir memang yg paling sulit :j:

saya memilih kombinasi dari keempatnya, ambil positifnya, buang negatifnya
1. Sekolah Bisnis Tradisional: Disekolah tersebut kita bisa mendapatkan analisis-analisis dalam bisnis, walaupun teori tapi sudah terukur dan teruji, serta pada perguruan tinnggi akan banyak teman kuliah yang nantinya bisa jadi relasi bisnis.
2. Sekolah Bisnis Keluarga: akan ada mentor langsung yaitu keluarga sendiri untuk memonitor langkah-langkah bisnis kita. Dan mesti ada panutan.
3. Sekolah Bisnis Prusahaan: akan menciptakan skil bisnis jadi semakin profesional.
4. Sekolah Bisnis Jalanan : disinilah kita akan belajar pertarungan sebenarnya yang akan membuat kemampuan intuisi bisnis kita semakin tangguh.
Ok, selamat berbisnis

Wah saya mah sekolah di Internet mas, mendengarkan beberapa seminar, truz terjun langsung juga, masuk mana ya??

saya malah belum pernah sekolah bisnis hehehe...
pinginnya sih bisa pindah dari kuadran kiri menuju kuadran kanan...
trims

REVOLUSI PENSIUN DI BISNIS PULSA

GES e-Ganesha PT. Ganesha eCommerce Solution pasti memberikan penghasilan PASSIVE INCOME. dari Total Aktivasi Nasional Perusahaan untuk setiap investornya.

KAMI MENGHADIRKAN SISTEM TERBAIK DAN SISTEM MASA DEPAN BAGI DUNIA BUSINESS INTERNET "e-Ganesha Re-Entry AUTOCOMPUTER PROGRAM"

Anda telah membuat sebuah keputusan penting untuk memulai perjalanan finansial anda di internet bersama GES e-Ganesha PT. Ganesha eCommerce Solution, dengan modal investasi yang terjangkau untuk bergabung dalam program pensiun selama-lamanya. Anda di jamin pensiun dari total aktivasi nasional perusahaan tanpa perlu mencari downline, tanpa perlu berjualan produk, tanpa Anda terlalu banyak kerja keras.

Modal Investasi GES e-Ganesha PT. Ganesha eCommerce Solution:
Syarat: Join 7 HU langsung = Rp. 1.750.000,-

CASH BACK LANGSUNG YANG AKAN ANDA DAPATKAN:

Cash Back Deposit Pulsa = 7 x Rp 10.000 = Rp 70.000
Bonus Sponsor = 6 x Rp 20.000 = Rp 120.000
Bonus Pasangan 2 Kaki = 5 x Rp 70.000 = Rp 350.000
Bonus Pasangan 1 Kali Kiri = 1 x Rp 10.000 = Rp 10.000
Bonus Pasangan 1 Kaki Kanan = 1 x Rp 10.000 = Rp 10.000
Bonus Level = 6 x Rp 1.000 = Rp 6.000
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Total Cash Back = Rp 566.000

TOTAL BIAYA YANG ANDA KELUARKAN UNTUK BERGABUNG 7 HAK USAHA SEBENARNYA Rp. 1.184.000,-

>> INGAT INVESTASI ANDA Rp. 1.184.000,- ANDA BISA JOIN DI PROGRAM PENSIUN SEUMUR HIDUP & BISA ANDA WARISKAN <<

PENJELASAN
Setelah kita daftar 7 HU (7 Hak Usaha), maka otomatis 1 HU Re-entry di Plan B.

Dengan sistem Autocomputer (disusun komputer), setiap orang yang bergabung diawal, syarat peringkat *1 (daftar 7HU langsung) berpotensi mendapatkan penghasilan bonus pasangan 2,5Jt/Hari; karena komputer secara otomatis akan menyusun sampai penuh pasangan (full matrix) berdasarkan urutan waktu perdetik, sistem seperti ini akan sangat bermanfaat bagi jaringan Anda yang tidak bisa rekrut sama sekali, tapi bergabung di awal dengan 7HU langsung.

CIPTAKAN HIDUP YANG ANDA INGINKAN!!!

SALAM SUKSES

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
JOIN BERSAMA KAMI: http://ganesha-system.com/?id=panenduwit

what a nice post my friend find the secret to be rich here :f:

saya lebih suka kombinasi nomor 3 dan 4, mas..
bila mengandalkan no 4 saja rasanya kelamaan..keburu tua.. jd sy pilih 3+4.. yg jls bkn yg no 1..hahaha

saya baru tahu kalau ada sekolah bisnis seperti ini.tapi kayaknya boleh dicoba nih.

Saya mendapatkan banyak pelajaran penting dari tempat saya bekerja. Mulai dari leadership, manajemen SDM hingga personal building. Thanks my job!

:i:

:h: masih mas belajar dan belajar

Wah posting yang bagus, menarik, banyak informasi yang saya dapatkan.
Mudah2an saya bisa sekolah di 4 jenis diatas.
Saya baru mulai untuk sekolah jalanan, baru melangkah untuk menjadi entrepreneur.

Dari pengalaman yang masih sedikit (belum asin garamnya,hehehe), saya mau share tentang kepuasan pelanggan.

Di sekolah tradisional, saya mendapatkan pelajaran ttg kepuasan pelanggan yang hanya teori, yang dpt mengarahkan kita untuk melakukan yang terbaik.
Namun, kenyataan yang saya alami di sekolah jalanan, hal tersebut sangat berbeda.
Walaupun beberapa teori dapat dipraktekan secara langsung, namun ini hanya sedikit. Dinamika dilapangan sangat fluktuatif, banyak aspek 'rasa' yang tidak dapat dihitung dan diperkirakan dalam teori, seperti perasaan tidak enak, malu, takut, ragu, marah, kecewa, bahagia, pujian, dan sebagainya.

Oleh karena itu, saya sangat setuju dgn pendapat Anda mengenai sekolah jalanan dapat membentuk keberaian dan mental usaha.

Ohiya, saya mohon ijin untuk meng-copy tulisan ini untuk motivasi rekan2 yang lain [sumber akan dicantumkan].

Terima kasih

mas...maaf, kalau ambil artikel bisa ditulis sumbernya khan...terima kasih atas kesadarannya.

WAAAAAAH COPAS TANPA IJIN NIIIIH!!! PAYAH!!! NGELANGGAR ETIKA NULIS MAS.....

MENDING MAS BACA DULU DEH ATURAN NULIS BLOG MAS....

JANGAN NAIKIN RATING DENGAN HASIL COPAS TULISAN ORANG LAIN TANPA IJIN MAS....

JIKA TIDAK ADA PERMINTAAN MAAF DARI MAS, KAMI BISA MEMPERKARAKAN INI MAS.....

TULISAN INI DIAMBIL DARI:

DOKTERBISNIS.NET

awas hati2 jika kopi paste artikel bos,..hati hati ya,..yang terbaik adalah menuliskan sumbernya,..

sy memlilih sekolah bisnis di jalanan, ini bagi sy lebih menantang,,, juga karena sy ingin bebas dan tdk mau bekerja utk org lain,

sekolah bisnis keluarga adalah alternatif zaman sekarang.

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Motivasi Sukses ^_^

Back To Top