Blog Motivasi | Pengembangan Diri | Kiat - Kiat Sukses | Manajemen Diri | Refleksi Hidup | Inspirasi Sukses | Motivasi Hidup

5 Kecerdasan Untuk Meraih Sukses

blog motivasi, pengembangan diri, inspirasi sukses

Tahukah Anda, kompetisi yang paling bijak adalah memecahkan rekor Anda sendiri sesuai dengan kemampuan. Maka sukses yang diukur dengan pencapaian sesuatu akan terasa bijak, ketika pencapaian ini diikuti dengan perasaan bahagia sekaligus menciptakan efek domino di berbagai sisi kehidupan. Oleh karena rasa bahagia ini bersifat subjektif maka baik kiranya kita menciptakan rasa bahagia ini sepanjang perjalanan menuju kesuksesan :)

Disini memperlihatkan bahwa ketika kita mampu meraih kesuksesan maka kita mempunyai peluang yang besar untuk menciptakan kebahagiaan. Sebagai contoh, ketika anak kita sakit dan kita sebagai orangtua tidak mampu membawanya ke dokter karena biaya, bisa jadi kondisi ini menghambat terciptanya kebahagiaan. Oleh karena itu, sebuah kesuksesan merupakan hal penting dalam menciptakan kebahagiaan.

Kalau dilihat dari sifatnya yang subjektif bahagia dan sukses adalah buah dari perilaku. Dimana perilaku sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan kebiasaan merupakan buah dari sikap. Adapun sikap berawal dari paradigma dimana paradigma sangat dipengaruhi oleh pengetahuan. Nah, kesuksesan sangat tergantung dari kemampuan dan kecerdasan kita dalam menangkap pengetahuan, mengolah, menghayati, dan menjadikannya sebagai alat untuk take action dalam meraih tujuan.

Sebuah studi mengenai orang-orang yang sangat sukses menunjukkan bahwa orang-orang sukses memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang cukup baik. Mereka hidup relatif sederhana dibandingkan dengan jumlah kekayaan yang sebenarnya. Kehidupan sosial mereka tergolong sangat baik, selain itu sifat yang paling menonjol adalah keuletan, tangguh, sabar, mampu mengendalikan diri, dan mempunyai keluarga yang harmonis dimana sifat dan karakter ini menunjukkan kecerdasan emosional (EQ) yang sangat baik.

Mereka juga mempunyai kesadaran diri yang tinggi terhadap hukum Tuhan dimana mereka meyakini perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan pula, hal ini mendorong mereka untuk menggunakan kekayaannya demi sesuatu yang lebih bermakna dalam hidupnya. Artinya keyakinan akan hukum Tuhan menandakan bahwa mereka mempunyai kecerdasan spiritual (SQ) yang sangat baik.

Ciri-ciri yang lain adalah mereka mempunyai impian besar dan tujuan yang jelas yang menandakan bahwa mereka juga mempunyai kecerdasan aspirasi (AI) yang baik dalam membangun impian, cita-cita dan tujuan. Dalam mewujudkan kesuksesannya mereka tidaklah sendirian karena mereka sadar tanpa bantuan orang lain mereka tidak bisa berbuat apa-apa, maka mereka menjalin kerjasama dengan orang lain untuk mewujudkan impiannya.

Hal ini memperlihatkan kecerdasan kekuatan (PI) yang baik dalam memanfaatkan kekuatan yang ada di dalam dirinya maupun lingkungan sekitarnya Disini terlihat bahwa kelima kecerdasan ini mampu mereka kembangkan dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Agar mampu untuk sukses dan bahagia, manusia memerlukan pengembangan kelima kecerdasannya. Sukses disini dalam arti yang luas, menyangkut finansial, bisnis, karir, keluarga, kesehatan, pengembangan diri, kebahagiaan, dan semua tujuan yang berharga bagi manusia.

Oleh : Sugeng Dwi Triswanto
17 Komentar untuk "5 Kecerdasan Untuk Meraih Sukses"

thanks for the compliment mas :D

NIce POst mas...salaam hormat...
IQ
EQ
SQ
AI
PI
gabungan yang dahsyat sekali...wowowowow...salam hormat mas Arief

thanks forthe visit n commenx mas alfred :D

Banyak orang yg hanya memikirkan IQ saja, sayangnya. AI dan PI aku baru kenal, thanks infonya ya

benar banget mbak Fanda btw, thanks for the visit n comment :D

Mas Arif, untuk IQ & EQ lebih familiar bagi komunitas individu yang berpendidikan. SQ sendiri mempunyai beberapa aliran interpretasi, seperti Danah Zohar dan Ary Ginanjar. Meski masing-masing menekankan pada keyakinan akan prinsip-prinsip universal, namun berbeda pada landasan ideologis. Danah Zohar melandaskan konsep SQ pada kekuatan akal dan batin. Sedang Ary Ginanjar lebih pada ajaran Islam yang relevan dengan prinsip universal. Nice post mas Arif. Bon Courage !!

benar banget mr. dodi btw, thanks forthe comment n visit :)

Ramuan kecerdasan yang sangat kompleks dan komplit untuk meraih sebongkah harapan bernama kesuksesan.
lalu bagaimana jika hanya memenuhi beberapanya saja ya? berarti belum sempurna nih untuk dikategorikan orang sukses.

Nice post, n salam Istimewa!

thanks for the visit n comment mas Umar :)

thank mass... artikelnya ..
karena menjelaskan tentang berbagai macam motivasi kecerdasan yang merupakan kunci kesuksesan dan keberhasilan...

waduchh dah lama gakk berkunjung ke sini..
apa kabarr mas ... :)

semua saling berkaitan Mas... tidak bisa lepas satu dengan yang lainnya..

Nice post Mas...

thanks for the visit n comment mas Yudie :) selamat menunaikan ibadah puasa jugaa mas

Mas Arif...bagaimana tentang kecerdasan berbahasa yang biasa disebut dengan Linguistic Intelligence? Kira2 masuk kategori mana ya? thanks. Visit me!

wah kalo itu termasuk dalam salah satu kecerdasan yg dicetuskan bung Howard Gardner :D kategori mana yah? kurang ngerti mas :D hehehe

Thanks infonya. Oiya ngomongin sukses, ternyata ada loh miliarder dunia yang bisa mempertahankannya hingga usia 90 tahun. Namanya Jim Pattison. Kira-kira apa ya rahasia sukses dirinya? Kalo temen-temen penasaran bisa cek di sini: rahasia sukses jim pattison

Dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Motivasi Sukses ^_^

Back To Top