Blog Motivasi | Pengembangan Diri | Kiat - Kiat Sukses | Manajemen Diri | Refleksi Hidup | Inspirasi Sukses | Motivasi Hidup

Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?


Sahabat Motivasi Sukses yang luar biasa, ada sebuah kisah sukses menarik yang patut kita simak.

Saat duduk di sekolah dasar, Lie Fen mendapat pesanan membuat kue tiga tingkat dari temannya. Dan ia bersedia memenuhi pesanan itu tanpa minta bayaran sama sekali kecuali minta disediakan bahan - bahannya. Padahal ia hanyalah lulusan sebuah kursus pembuat kue yang sama sekali tidak berpengalaman.

Keberhasilannya itu membuatnya keranjingan. Baik membuat kue atau mengajar teman - teman sebayanya melakukan tugas yang sama. Ia juga merasa pintar menghias kue sehingga kue yang padatnya kayak dodol sekalipun dapat ditampilkannya dengan dekor yang bagus.

Ayahnya tidak setuju dengan hobi "nyentrik" anak remaja itu karena itu ia mengembangkan semua bakat dan potensinya itu secara diam - diam. Ikut kursus diam - diam dan membuat kue di rumah tetangga pun dilakukannya secara diam - diam selama bertahun - tahun. Suaminya pun baru mengetahui bahwa istrinya suka masak dan membuat kue setelah mereka menikah. Ia memang baru terang - terangan terjun ke bisnis kue setelah menikah.

Sekalipun ia tahu betul tentang potensi uniknya itu dan setelah mengajar ratusan teman - temannya membuat kue, Lie Fen alias Nilasari masih perlu mengikuti kursus dekorasi kue. Dan tidak tanggung - tanggung ia mengikutinya di Wilson, Chicago.

Pulang dari Negeri Paman Sam itu, ia memasang iklan dan mengajar orang membuat ratusan jenis cake, dekorasi kue, dan katering. Nilasari membuat ayahnya terkagum - kagum, takjub menyaksikan kue - kue raksasa bikinan putrinya -- antara lain kue natal setinggi 13 meter!. Dan bukan cuma sang ayah, dunia juga dibuat kagum ketika ia memamerkan kue kebun di Balai Sidang Jakarta. Kue dengan hiasan poohn kelapa setinggi 5 meter di bagian tengahnya itu, menjadi kue terbesar di dunia sehingga nama Nilasari dicantumkan dalam Guiness Book of Records Ia telah dinobatkan menjadi Ratu Kue Dunia dari Indonesia!

Luar Biasa! itulah kata yang pantas menggambarkan kesuksesan Nilasari tersebut. Ia telah membuat sebuah perbedaan besar dalam hidupnya dengan menjadi dirinya sendiri. Dengan mengenali segala bakat dan potensi unik yang ada dalam dirinya. Dan kesuksesan itu bukan hanya milik seorang Nilasari semata tetapi miliki kita semua. Kesuksesan itu milik semua orang yang bersungguh - sungguh memperjuangkan apa yang diyakininya. Kesuksesan itu datang kepada orang yang menjemput bola bukan yang menunggu bola.

Maka jemputlah bola kesuksesan itu dengan cara mengenali apa - apa yang menjadi bakat, potensi, kemampuan dan kekuatan unik yang ada dalam diri dengan mengasahnya secara terus - menerus, konsisten dan berkesinambungan. Karena pada dasarnya "Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing - masing, menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain, dan mengerjakan yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain" demikian nasiaht William Elley Channing.

Sahabat motivasi sukses yang luar biasa, sudahkah anda mengenali bakat dan potensi unik yang ada dalam diri anda? Jika belum, 4 pertanyaan berikut dapat menolong anda mengenali, mendeteksi, sekaligus mengasah dan mengembangkan bakat dan potensi unik yang dikaruniakan Tuhan dalam diri anda:

1. Bidang kegiatan apa yang sangat memikat hati anda?
2. Bidang kegiatan apa yang memberikan kepuasan batin yang sangat mendalam?
3. Bidang kegiatan apa yang terasa sangat mudah anda pelajari?
4. Bidang kegiatan apa yang membuat anda seakan - akan menyatu dengannya?


Cobalah menelusuri bidang kegiatan apa saja yang benar - benar anda nikmati saat melakukannya. Perhatikanlah dalam kegiatan apa sajakah anda sering lupa waktu bila sedang melakukannya. Apa yang relatif mudah anda pelajari dibanding rekan - rekan anda? Dalam hal apa saja rekan - rekan anda sering belajar kepada anda? Lalu pikirkanlah apa sebenarnya bakat dan potensi unik anda itu.

Sahabat motivasi sukses yang luar biasa, sudahkah snda mengenali bakat dan potensi unik yang ada dalam diri anda?
10 Komentar untuk "Sudahkah Anda Mengenali Bakat dan Potensi Unik Yang Ada Dalam Diri Anda?"

Menurut saya?

1.Bidang kegiatan apa yang sangat memikat hati anda? Saya menjawab : Traveling, kuliahlah, trus entahlah pastinya saya suka matematika.
2.Bidang kegiatan apa yang memberikan kepuasan batin yang sangat mendalam? Saya menjawab : ceramah.
3.Bidang kegiatan apa yang terasa sangat mudah anda pelajari? saya menjawab : so pasti matematika.
4.Bidang kegiatan apa yang membuat anda seakan - akan menyatu dengannya? saya menjawab : naik gunung sangat menyatu dengan alam soalnya.

link blog Anda http://motivasi-arif.blogspot.com sudah saya pasang, linkback ya, trims

Setuju mas Arif, kita harus menggali seluruh potensi yang sangat luar biasa pada diri kita.
No action, tdk akan ketahuan.
Salam sukses dan salam action.

Karena pada dasarnya "Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing - masing, menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain, dan mengerjakan yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain" demikian nasihat William Elley Channing.
Dengan seperti ini, pasti kita akan mempunyai nilai jual yang tinggi (jika menuju kearah komersil).
karena dengan keahlianya, yang tidak sama dengan orang lain, pasti orang lain banyak yang membutuhkannya.
salam sukses.

Betul sekali, untuk menjadi orang yang sukses besar, kita harus MENGERJAKAN YANG KITA CINTAI DAN MENCINTAI APA YANG KITA KERJAKAN. Bila melihat orang sukses kita juga harus mau melihat apa yang telah mereka lakukan untuk menjadi sukses. Bila orang lain bisa, tentunya kita juga bisa, meskipun dengan cara yang berbeda. Karena pada intinya...setiap diri kita dilahirkan sebagai pemenang. Salam sukses Mas Arif, cia you!

Linggawati Saputra
www.inhousebusiness.com

makasih telah mampir mabak Lingga. to mbak Ruli link anda sdh saya pasang, makasih atas link exchange nya :)

http://motivasi-arif.blogspot.com

Setiap orang punya potensi untuk sukses. Tinggal kita mau menggali dan mengasahnya.
Salam ACTION!

Betul Sekali mas Joko. Setiap orang DITAKDIRKAN UNTUK SUKSES! dan dikondisikan untuk gagal makanya kalo mau sukses ledakkan potensi yang ada dalam diri anda! betul tidak?!

http://motivasi-arif.blogspot.com

mas kayaknya pernah liat deh...tpi diman y lupa....btw waktu itu pernah kepalembang ya seminar the power of kepepet???
salam knal n hangat
joni

wah blognya bagus ya mas arif,
tapi jujur sampai saat ini saya belum mengetahui apa bakat saya dan apa yg saya minati.
bingung.. semuanya mengambang..
mohon bantuannya..

iis (20 tahun) jkt

Dapatkan trafik dan backlink gratis dengan memberikan komentar di Blog Motivasi Sukses ^_^

Back To Top